7th Garuda Indonesia International Islamic Expo 2012, 20-22 Januari 2012

Siapa bilang libur panjang berarti saatnya bermalas-malasan dan berleha-leha? Bagi saya, waktu harus diisi dengan kegiatan-kegiatan yang produktif. Seperti hari ini yang saya isi dengan mengunjungi 3 pameran sekaligus di JCC dan melaporkannya pada para pembaca sekalian. Kita mulai dari yang pertama, yaitu pameran perjalanan haji, umroh dan wisata Islami..

Seperti yang disiratkan oleh pemberian tajuk pameran ini, peserta pameran didominasi oleh tour and travel agent yang menawarkan paket-paket perjalanan haji khusus, umroh dan wisata bernuansa Islami lainnya. Ada yang menawarkan umroh ditambah wisata ke Mesir, ada yang ‘bonus’nya ke Turki, ada juga yang extra trip nya ke Eropa, Cina, pokoknya macem-macem dah.

Saya mengenali beberapa travel agent yang sudah punya nama ikut ambil bagian dalam pameran ini, seperti Dwidaya, Cordova Travel, Armina, dll. Rata-rata travel agent kelas premium. Dan saya lihat, hampir semua stand tak pernah sepi dari pengunjung, beberapa malah sudah melakukan transaksi. Terpikir oleh saya bahwa animo masyarakat Indonesia untuk berhaji dan umroh masih tinggi. Alhamdulilllah..

Rata-rata paket umroh berkisar antara USD 2,000 – USD 3,500. Sedangkan untuk paket haji plus angkanya lumayan fantastis, USD 6,500 – USD 7,500. Ada juga travel agent yang menawarkan paket liburan ‘biasa’ seperti ke Thailand, Jepang, Hong Kong, dll. Kebanyakan ditawarkan dengan harga yang cukup ‘menggoda’, apalagi kalau lagi ‘off-season’..

Iseng-iseng mencuri dengar sepasang suami-istri yang sepertinya sudah deal dengan travel agentnya untuk berangkat haji (Insya Allah terlaksana ya pak, bu. Amin!), bahwa mendaftar sekarang ternyata baru dapat slot untuk berangkat paling cepat tahun 2014. Syukur-syukur kalo bisa dapat tambahan kuota untuk 2013. Wallahu alam..

Baiklah, kembali ke liputan pameran. Di lorong luar kebanyakan ditempati oleh stand-stand travel agent, sedangkan di dalam hall mayoritas adalah stand-stand perwakilan hotel-hotel bintang 5 di Arab, dan ada juga beberapa perwakilan hotel-hotel berkelas dari Turki.

Untuk stand-stand yang di dalam hall, boleh dibilang dekorasinya niat banget. Ini ada contoh salah satu stand yang sepertinya adalah replika dari hotel aslinya.

Oh ya, di salah satu stand ada yang menyediakan jasa medical check-up standar, bermanfaat untuk memeriksa kesehatan anda secara umum, salah satu persyaratan untuk berangkat haji / umroh.

Pameran ini lumayan banyak pengunjungnya (sedikit subyektif sih, soalnya saya datang pas mendekati jam makan siang) 😀 . Di depan pintu masuk terdapat unit mobile banking dari Bank Syariah Mandiri, melayani pencetakan buku rekening, transfer, buka account, dll.

Cuma sayangnya, pengunjung yang memasuki ruang pameran tidak langsung disediakan carry bag buat menyimpan brosur-brosur. Tapi jangan khawatir karena tiap stand ternyata menyediakan carry bag nya masing-masing.

Kesimpulan cerita: bagi anda yang memiliki niat untuk berhaji / umroh, silahkan mengunjungi pameran ini. Hanya sampai besok lho..

-Jakarta, 21 Januari 2012-

Advertisements

Masukan anda sangat berarti:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s