Indonesia Fashion Week, 23 – 26 Februari 2012

“Para wanita sebaiknya tidak melewatkan yang satu ini..”

Kalimat di atas saya baca dari headline salah satu situs berita terkemuka di Indonesia, yang memberitakan bahwa hari ini di JCC dibuka pameran bertajuk “Indonesia Fashion Week 2012”, dimana menurut situs tersebut pameran ini baru pertama kalinya diadakan di Indonesia di 2012 ini.

Karena tertarik, saya pun hari ini menyempatkan sejenak sepulang kantor untuk lihat-lihat kayak apa sih pamerannya. Sekedar curhat, saya jarang sekali ke pameran pas buka hari pertama. Pengalaman, banyak stand yang belum gelar dagangan. Tapi tidak untuk kali ini..

Arena pameran berlokasi di Assembly Hall 1, 2 dan 3, sebagian di ruang Cendrawasih, dan menempati seluruh plenary hall. Bisa dibayangkan gedenya pameran ini kan? Kalo nggak kebayang, silahkan lihat-lihat gambar di bawah deh :p

Pameran ini diadakan oleh APPMI (Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia), jadi banyak sekali rumah desain atau butik yang ikut serta di sini, baik yang sudah punya nama maupun belum. Kalau anda punya butik atau desainer favorit, kemungkinan mereka ada di pameran ini.

Beberapa hasil karya murid-murid sekolah mode pun nampak juga di sini. Ada Esmod, IKJ, dll.

Berhubung saya boleh dibilang gak tahu apa-apa soal fashion, saya tidak bisa komentar banyak soal desain-desain busana yang ditampilkan, jadi sebaiknya anda datang langsung ke pameran ini dan lihat sendiri. Tapi beberapa contoh saya tampilkan di gambar-gambar berikut. Sepertinya segala macam busana ada di sini, mulai dari baju kerja, baju kasual, hingga gaun pesta..

Sepengamatan saya, desain-desain tradisional seperti batik dan songket pun disuguhkan di pameran ini. Jadi bagi yang minggu lalu nyesel tidak sempat ke Pameran Kain Nusantara (lihat postingan saya sebelumnya), bisa sedikit terobati di sini, hehehe 😀

Dan tentunya tidak hanya busana saja yang ditampilkan. Aksesori-aksesori pelengkap seperti tas, sepatu, bahkan make-up, juga turut ambil bagian.

Bahkan “pelengkap” seperti sabun cuci pun juga ikutan 😀

Di pojokan, beberapa stand media seperti Femina dan MNC juga turut memeriahkan pameran kali ini.

Dan berhubung dunia fashion lekat (kalau tidak boleh dibilang identik) dengan sosialita, kemungkinan besar anda akan melihat muka-muka yang familier di sini, entah sebagai pengunjung maupun peserta pameran.

Beberapa stand didisain secara unik, dan bahkan menawarkan pengalaman interaktif, seperti stand Martha Tilaar yang memberikan kesempatan kepada para pengunjung untuk unjuk suara diiringi sasando. Menarik? Tentu!

Dan tak ketinggalan koleksi busana muslimah juga turut serta..

Namun maaf, sepertinya busana pria jadi minoritas di sini. Saya cuma menemukan dua stand yang menyediakan koleksi busana pria (dimana salah satunya adalah stand butik The Executive, yang notabene memang spesialis busana pria).

Buat anda yang memang niat belanja, fasilitas cukup menunjang, mulai dari fitting room hingga kemudahan transaksi dengan kartu kredit BNI. Kebanyakan merchant memajang plang “menerima transaksi dengan kartu BNI”, baik debet maupun kredit. Buat yang belum punya kartu BNI, bisa bikin di tempat, hehehe 😀

Oh ya, menurut jadwal di information booth, pameran ini tema tiap harinya beda-beda. Hari pertama temanya adalah kreasi perancang-perancang muda Indonesia, hari kedua busana muslim (bertepatan dengan hari Jumat), hari ketiga dan keempat kreasi kontemporer dan etnik. Silahkan pilih anda mau datang dihari ke berapa.. Oh ya, masuk ke arena pameran HTM nya Rp. 10,000 saja, cukup murah kan kalau anda mau datang tiap hari 😀

Final words: jika anda hobi shopping (atau sekedar window shopping) busana/apparel/fashion, datang ke pameran ini bisa memuaskan ‘dahaga’ anda. Soal harga dan diskon? Silahkan survey sendiri 😀

– Jakarta, 23 Februari 2012 –

Masukan anda sangat berarti:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s