Adikriya Indonesia: Gelar Karya Ekonomi Kreatif Nusantara, 7 – 11 Maret 2012

Industri kreatif di Indonesia saat ini sedang mengalami banyak sorotan. Ada sorotan negatif seperti masalah pencurian pulsa oleh content provider, ada pula yang positif seperti kiprah animator Indonesia di film “Tintin”. Tapi terlepas dari pro dan kontra, industri kreatif Indonesia masih mempunyai pangsa pasar yang luas dan menjanjikan, baik domestik maupun internasional.

Hal ini yang sepertinya coba diangkat pada pameran yang saya liput hari ini, yaitu Adikriya Indonesia 2012, dengan tema “Gelar Karya Ekonomi Kreatif Nusantara” dan sub-tema “Pameran Terlengkap Produk Kerajinan, Perhiasan dan Fesyen Nusantara”. Namun apa yang ada di pameran ini ternyata tidak hanya kerajinan, perhiasan dan fesyen melulu..

Oh ya, sebagai informasi tambahan, pameran ini diselenggarakan atas kerjasama dari berbagai kementerian terkait, seperti Kementerian Industri dan Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, dan kementerian-kementerian lainnya.

Masuk ke main hall, nampak bahwa tekstil nusantara seperti batik dan kain tenun tradisional masih menjadi primadona di pameran seperti ini. Beberapa stand busana muslim pun juga terlihat di sini.

Dan tentunya pelengkap berbusana seperti perhiasan dan aksesori juga tidak ketinggalan di pameran ini. Perak, batu alam, dan lain-lain aksesori seperti dompet dan tas siap dipilih untuk mempercantik/mempergagah penampilan anda. Cuma saya tadi tidak melihat ada stand yang jualan sepatu, mungkin terlewat oleh saya atau baru besok bukanya..

Untuk kerajinan tangan, nampak berbagai stand handicraft memamerkan karya-karya unggulan. Ada yang membuat berbagai kotak penyimpanan barang dengan desain yang atraktif, ada kerajinan tangan tradisional seperti keris dan wayang, pahatan marmer, dan lain sebagainya.

Bahkan saya menemukan satu stand yang membuat rumah boneka, yang menurut saya kualitas buatannya tidak kalah bagus dengan bikinan pabrik boneka terkemuka di dunia, dengan harga yang bersaing pula.

Dan ada juga stand yang memamerkan boneka-boneka kartun yang lagi naik daun, seperti Angry Birds dan Shaun the Sheep.

Dan seperti saya bilang di awal, di pameran ini ternyata tidak melulu soal fesyen, perhiasan dan kerajinan saja. Di stand-stand yang merapat ke tembok, terlihat beberapa stand yang menawarkan produk-produk boga.

Ada krupuk lele, dodol, berbagai makanan ringan, dan lain-lain, tentunya dengan berbagai penawaran yang menarik (beli 1 dapat 2, semacam itu lah).

Yang menarik perhatian saya adalah stand kopi luwak dari Lampung dan stand kopi premium dari Aceh. Kedua stand tersebut menawarkan tester yang bisa dicoba. Kalau di stand kopi luwak, testernya seharga Rp. 10,000 per cangkir.

Melangkah sedikit, saya menemukan stand dari daerah Banyuwangi memamerkan produk olahan laut seperti sarden kalengan dan lain-lain. Entah kenapa, melewati stand ini membuat saya lapar, hehehe 😀

Dan terdapat juga stand-stand yang menawarkan produk-produk inovatif yang menurut saya keren banget, seperti penumbuh rambut dari bahan alami, dan briket arang dari batok kelapa. Pas dengan momentum kenaikan harga BBM yang direncanakan bulan April ini..

Kesimpulan: melihat pameran ini membuat saya jadi mengetahui berbagai produk-produk inovatif dan kreatif hasil para pengusaha dan creativepreneur Indonesia. Saya kagum bahwa  creativepreneur Indonesia ternyata mampu melahirkan produk-produk inovatif yang bisa bersaing di tingkat global. Semoga dengan adanya pameran seperti ini, mampu melahirkan peluang pasar bagi para pelaku industrinya, baik di dalam maupun di luar negeri.

– Jakarta, 8 Maret 2012 –

 

Masukan anda sangat berarti:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s