ASTINDO International Travel Fair 2012, “Indonesia’s Best & Most Comprehensive Travel Fair”, 16-18 Maret 2012

Selamat berjumpa kembali para pembaca yang terhormat, kali ini saya akan menyajikan laporan liputan kali ini, yaitu pameran tour and travel  “Astindo International Travel Fair 2012”.

ASTINDO sendiri adalah singkatan dari Asosiasi Perusahaan Penjualan Tiket Penerbangan Indonesia. Didirikan pada tanggal 10 November 1999 oleh para pendiri yang terdiri dari 25 tokoh dan pimpinan travel yang telah berpengalaman luas dalam penjualan tiket penerbangan domestik maupun penerbangan international. Saat ini anggotanya secara nasional berjumlah 300-an travel agent yang tersebar di 9 propinsi yang berbasis di Ibukota Propinsi, mereka adalah Aceh, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jogjakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, Maluku, dan Maluku Utara (dikutip dari website ASTINDO yang bisa dilihat di sini).

Pameran ini pengunjungnya sangat banyak. Animo masyarakat untuk travelling ke luar negeri masih cukup tinggi, terlepas dari krisis ekonomi global, rencana kenaikan BBM dan TDL, dan isu-isu lain. Dari pintu masuk antriannya cukup mengular. Harga tiket masuk pameran sebesar Rp. 15,000 tidak menyurutkan minat untuk melihat pameran ini.

Dari pintu masuk, stand yang pertama saya lihat adalah stand-stand majalah-majalah terkait tour and travel. Majalah-majalah yang “tidak terlalu nyambung” dengan tema pameran pun juga terlihat di area ini.

Kemudian stand Malaysian Air Service (MAS) tampil menyolok di area yang sama. Beberapa penawaran tiket murahnya bisa anda lihat di foto di bawah. Di depannya persis, stand Malaysian Tourism Board juga berdiri megah.

Di area pintu masuk exhibition hall, nampak seorang perwakilan dari suatu travel agent sedang mempromosikan tour dan travel ke Korea di panggung, dengan highlight obyek-obyek wisata yang menarik di sana, kapan saat yang terbaik kalau mau ke sana, dan lain-lain sebagainya. Para pengunjung pun tampak antusias menanyakan ini-itu yang di jawab dengan ramah oleh sang presenter.

Masuk ke area exhibition, nampak berbagai stand travel agent berdiri megah. Beberapa nama besar seperti Dwidaya, Bayu Buana, Golden Rama, nampak dikerumuni oleh para pengunjung yang sepertinya mau langsung booking di event ini. Para travel agent besar ini punya promo-promo menarik lho, dan beberapa hanya berlaku selama pameran saja..

Tak ketinggalan juga berbagai stand dari dinas pariwisata / tourism board dari berbagai negara juga turut ambil bagian di pameran ini. Di stand tourism board Thailand, ada model-model yang mengenakan busana tradisional Thailand siap menemani para pengunjung untuk berpose bersama.

Juga ada stand dari dinas pariwisata lokal, seperti dari daerah Lombok yang saya tampilkan di foto di bawah ini.

Bagi yang ingin pergi wisata berlayar atau cruise (apalagi buat bulan madu), terdapat juga penawaran-penawaran menarik. Harga paket dimulai dari USD 349 pp, cukup menarik bukan?

Wisata rohani seperti umroh pun juga ada di pameran ini. Salah satunya adalah yang ditawarkan oleh ESQ Tour and Travel seperti terlihat di bawah ini.

Dan tentunya perlengkapan dasar travelling, yaitu tas dan koper, juga ada di pameran ini. Silahkan anda melihat-lihat koleksi terbaru dari Bag’s City, tentunya dengan diskon-diskon yang menarik.

Penutup laporan saya kali ini: pameran ini sangat layak dikunjungi bagi anda yang hobi travelling, khususnya para budget-conscious traveller.

Jakarta, 17 Maret 2012

Advertisements

Masukan anda sangat berarti:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s