Deep & Extreme 2012, 29 Maret-1 April 2012

IMG_1167 IMG_1094

Indonesia kita kenal sebagai negara kepulauan yang memiliki lautan yang kaya dengan mineral dan keragaman hayati. Tidak heran bila di negara ini  menyelam (diving) dan olahraga bahari lain mendapat banyak peminat dan pelaku. Untuk mengakomodasi kebutuhan para peminat dan pelaku inilah, pameran ini terselenggara..

Tapi di pameran ini tidak melulu hanya mengkakomodasi kebutuhan para penyelam saja. Seperti tajuk ā€œextremeā€ di atas, pameran ini juga menawarkan berbagai produk untuk mengakomodasi kebutuhan olahraga-olahraga ekstrim seperti panjat gunung, wall-climbing, down-hill mountain bike, dll.

Dari pintu masuk Assembly Hall 1-2 JCC Senayan, stand pertama yang saya lihat adalah stand lomba foto dan lomba lukis dunia maritim. Beberapa karya yang ditampilkan disini patut diacungi jempol.

IMG_1095 IMG_1099 IMG_1114

Menyusuri lobby dalam, stand dinas pariwisata dari berbagai daerah nampak meramaikan suasana pameran. Dari Wakatobi, Raja Ampat, Bunaken, dll. Semua penjaga stand sibuk menjajakan keindahan daerah masing-masing. Menyenangkan melihat bahwa animo para pengunjung untuk berwisata bahari di dalam negeri masih sangat tinggi.

IMG_1100 IMG_1106 IMG_1110

Di area ini juga nampak area bermain persembahan dari snack ringan Taro. Bila anda membawa anak-anak, stand ini menyenangkan untuk dikunjungi.

IMG_1111

Di samping stand ini juga ada stand yang memamerkan sepeda hibrida listrik, sepeda yang mempunyai motor listrik untuk membantu pengayuhan pedal. Sangat berguna untuk mendaki tanjakan. Namun maaf saya tidak menanyakan dibanderol berapa, hehehe..

IMG_1165

Masuk ke hall dalam, nampak berbagai stand yang menawarkan perlengkapan menyelam. Saya tidak tahu harga pasaran dari peralatan menyelam itu berapaan, tapi sepengamatan saya, beberapa stand menawarkan diskon yang cukup atraktif. Goggle ditawarkan mulai dari harga Rp. 138 Ribu, Regulator mulai dari Rp 2.3 Juta. Ada stand yang saya lihat menawarkan full-set seharga Rp. 6 Juta. Ada satu set yang saya naksir banget, warna kuning-hitam, asli keren abis!

IMG_1122 IMG_1132 IMG_1134 IMG_1127 IMG_1121

Di hall dalam ini juga terdapat banyak sekali stand-stand yang menawarkan pelajaran menyelam bagi pemula, kebanyakan berafiliasi dengan PADI (Professional Association of Diving Instructors). Paket-paket yang ditawarkan cukup menarik, ada salah satu yang menawarkan free wetsuit.

IMG_1117 IMG_1116 IMG_1120 IMG_1098

Di stand nemowetsuit, saya melihat penawaran yang cukup atraktif: custom size wetsuit. Jadi bagi anda para diver yang sedikit kesulitan menemukan ukuran wetsuit yang benar-benar pas di badan, stand ini boleh anda kunjungi untuk detil penawarannya.

IMG_1155

Jetski Yamaha Waverider yang terpampang di tengah-tengah arena pameran nampak sangat menyolok perhatian. Sayang yang ditampilkan cuma 1 unit 1 warna.

IMG_1118

Bagi anda para peminat underwater photography, anda boleh memuaskan hasrat anda di berbagai stand yang menawarkan berbagai jenis underwater housing  untuk berbagai kamera. Cukup menyenangkan melihat untuk kamera-kamera terbaru seperti Canon S100 dan Olympus PEN E-P3 sudah ada underwater housing-nya.

IMG_1130 IMG_1131 IMG_1136

Berbicara soal underwater camera housing, di satu stand saya melihat ada penawaran yang sangat menarik: universal underwater camera housing, yang diklaim bisa mengadaptasi 800 jenis kamera saku digital. Menyimak penjelasan sang penjaga stand (yang sepertinya orang Malaysia / Singapura), didapat bahwa harga normalnya Rp. 1.4 Juta, tapi di pameran ini bisa diboyong dengan harga Rp. 900 Ribu saja.

IMG_1137 IMG_1140

Di sudut arena pameran, nampak stand yang menawarkan pengalaman ekstrim, yaitu memanjat tali. Pengunjung bisa mencoba keberanian dengan memanjat tali dengan hanya bermodalkan karabiner, sarung tangan, helm dan nyali. Jangan takut, karena akan ada guide yang memandu anda di setiap langkah. Sangat berguna bagi pengunjung pria yang membawa pacarnya ke pameran ini, buat unjuk nyali, hehehe..

IMG_1144

Stand dari majalah Tamasya dan National Geographic juga turut ambil serta di pameran ini.

IMG_1153 IMG_1154

Masih di sekitar area sudut pameran, berbagai perlengkapan hiking dan mountaineering dijajakan disini, mulai dari sepatu, tas, tali, karabiner, dll.

IMG_1146

Di akhir kunjungan, satu baliho menarik perhatian saya: pemilihan Miss Scuba Indonesia 2012. Pendaftaran dapat dilakukan disini, tapi saya lupa menanyakan kapan hari penjurian dan pengumuman pemenangnya. Beberapa wanita cantik yang ada di stand ini cukup banyak menarik perhatian kaum adam, termasuk saya, hehehe..

IMG_1166 IMG_1156 IMG_1158

 

Akhir kata: bagi anda para diver dan adventurer, jangan sampai melewatkan pameran ini. Aman kok, tidak terpengaruh isu demo kenaikan harga BBM. Cuma kemarin waktu saya berkunjung kesini agak sedikit kehujanan saja. Tapi tak apalah, soalnya setelah hujan saya dapat melihat pelangi Open-mouthed smile

IMG_1168 IMG_1172

 

 

-Jakarta, 30 Maret 2012-

Advertisements

Masukan anda sangat berarti:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s