GreenRight, 2012 Green Building Conference & Expo, 11-13 April 2012

Title - 1 Title - 2

Sepertinya pameran pada bulan ini (April 2012) didominasi oleh pameran-pameran bertemakan lingkungan, atau istilahnya “eco-green”. Memang isu lingkungan saat ini semakin mengkhawatirkan, sehingga dirasakan perlu adanya kampanye environment awareness yang lebih gencar ke publik.

Salah satunya adalah pameran green building ini. Di pameran ini ditampilkan berbagai inovasi dalam arsitektur dan konstruksi bangunan yang berorientasi kepada ecological suistainability (kesinambungan ekologi).

Apa yang mendasari pentingnya pameran ini? Dari data yang saya lihat di stand Pembangunan Perumahan (PP), saat ini kita hidup di era kota, dimana 52.03% penduduk Indonesia hidup di area perkotaan, yang notabene terdiri dari bangunan-bangunan, dari yang sederhana seperti rumah tinggal sampai yang kompleks seperti gedung-gedung perkantoran, mall, apartemen, dll. Dan kota di Indonesia pun juga semakin bertambah banyak, dari 45 kota di 1970 menjadi 98 kota di 2010. Tentunya dengan semakin bertambah banyaknya kota, dampak terhadap lingkungan semakin besar. Emisi karbon meningkat, daerah aliran sungai menyempit, penyempitan lahan terbuka hijau, dan lain sebagainya. Mutlak diperlukan inovasi dalam teknologi arsitektur dan konstruksi yang lebih berorientasi lingkungan.

Salah satu inovasi yang saya lihat di pameran ini adalah lapisan insulasi Reflecto. Penjaga stand menerangkan pada saya bahwa teknologi ini diadopsi dari perisai pelindung panas pesawat ulang-alik NASA, dimana komponen pelindung panas tersebut terbuat dari keramik yang bersifat memantulkan dan melepaskan panas secara cepat. Penjaga stand mengklaim pengaplikasian lapisan ini sanggup mendinginkan temperatur ruangan tanpa perlu air conditioner (AC). Dan selama masa pameran, terdapat diskon progresif (semakin luas permukaan yang akan dilapisi, semakin besar diskonnya) dari harga normal Rp. 120 ribu / m2.

Reflecto Coating

Lalu inovasi berikut yang saya lihat adalah kaca jendela MAGI ENVIRO, dengan double-layer insulation. Diklaim dapat memberikan perlindungan lebih terhadap perubahan temperatur dari luar, mencegah pengembunan baik di lapisan luar ataupun dalam kaca, menurunkan tingkat kebisingan, dan ujung-ujungnya menurunkan biaya air conditioning. Yang menarik adalah diantara double-layer insulation ini bisa disisipi lapisan lain, semisal kaca hias untuk lebih mempercantik eksterior gedung, atau lapisan pelindung panas ekstra untuk insulasi yang lebih baik.

Magi Enviro

Berikutnya adalah panel surya pembangkit listrik untuk kebutuhan perumahan. Nampak disini unitnya sangat kompak, tidak lebih besar dari tiang jemuran. Sangat cocok untuk diaplikasikan di perumahan daerah tropis seperti Indonesia kita ini, terutama bagi kawasan yang belum mempunyai instalasi listrik tetap.

House Solar Panel - 1 House Solar Panel - 2

Kemudian di salah satu stand saya melihat BioTank, septic tank yang terbuat dari fiberglass, yang diklaim lebih irit lahan dan dengan sistem disinfektan terintegarsi sehingga lebih ramah lingkungan. Bentuk dan warnanya lucu, kayak telur ayam negeri, hehehe…

Biotank - 1 Biotank - 2

Lalu tampak pula stand Propan, produsen cat dalam negeri, juga turut ambil bagian di pameran ini, dengan tawaran berbagai produk cat yang diklaim lebih sesuai dengan iklim tropis Indonesia. Terdapat bermacam-macam produk, dimulai dari cat untuk eksterior, interior, yang tidak beraroma (odorless), dan lain sebagainya. Pilihan warna-warnanya pun juga lengkap.

Propan - 1 Propan - 2 Propan - 3 

Sejalan dengan tema “go green” yang diusung, komunitas Bike To Work (B2W) juga turut serta di pameran ini. Ada penawaran sepeda dengan harga atraktif lho, hehehe..

biketowork - 1 biketowork - 2 biketowork - 3

Komunitas BMX pun tak mau ketinggalan pula ikut serta di pameran ini. Sayang saya datang ketika pameran sudah mau tutup, sehingga melewatkan atraksi freestyle yang ditampilkan disini.

BMX

Dan tentunya tema “go green” harus melibatkan pepohonan dan tumbuhan bukan? Saya melihat ada 2 stand yang menawarkan “penghijauan” baik untuk interior maupun eksterior bangunan anda.

Green Wall Tropica

Lalu sedikit mengelilingi ruangan pameran, inovasi B-Panel, panel beton bertulang, nampak menarik perhatian saya. Dengan lapisan beton ganda yang melindungi suatu layer foam dan jalinan wiremesh (tulang kawat), diklaim memberikan resistensi lebih terhadap gempa dan soundproofing yang lebih baik dibanding teknologi konvensional.

B Panel - 1 B Panel - 2

Oh ya, saya baru tahu kalau untuk bangunan yang berorientasi lingkungan, ada rankingnya lho. Gedung yang terbaik dalam penerapan inovasi kesinambungan lingkungan adalah gedung Kementerian Pekerjaan Umum yang baru, mendapat peringkat Platinum. Sedangkan revitalisasi gedung Lemigas mendapat peringkat Silver.

Lalu berjalan keluar area pameran, bagi anda yang mendambakan bertempat tinggal di lingkungan yang asri, penawaran dari Royale SpringHill Residences bisa anda pertimbangkan. Berlokasi di daerah Kemayoran, diklaim masuk rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai “hunian dengan taman terbang terpanjang di Indonesia, 3.15 km2”, dekat dengan akses tol, dan serah terima Desember 2012 tahun ini. Sayangnya saya tidak menemukan penjaga stand yang bisa ditanyai soal harga per unit nya, soalnya sudah mau tutup pameran euy..

Royale SpringHill - 1 Royale SpringHill - 2

Penutup: pameran ini bisa menjadi sumber referensi dan informasi yang berguna bagi arsitek dan kontraktor, terutama yang giat mempromosikan kesinambungan ekologi untuk masa depan. Kalau tidak salah ada salah satu kawan saya yang tergolong aktif di topik ini, dulu pernah kuliah di Edmonton, Kanada..

-Jakarta, 13 April 2012-

Advertisements

Masukan anda sangat berarti:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s