Renovation & Construction Expo 2012: “Building Material & Architectural Exhibition”, 19-22 April 2012

RenoConstruct-062

 

RenoConstruct-063

 

Selain tema lingkungan, pameran-pameran di bulan April ini sepertinya juga bertemakan konstruksi dan arsitektural. Salah satunya adalah pameran “Renovation & Construction Expo” ini..

 

Baik, tanpa banyak prakata, mari kita mulai perjalanan saya. Berawal dari pintu masuk (oh ya, pameran ini gratis tapi pake registrasi terlebih dahulu. Setelah registrasi anda akan mendapatkan name-tag), stand pertama yang saya lihat adalah stand pemancar air tekanan tinggi (high-pressure washer) dari Nilfisk (brand dari Denmark). Menurut penjaga stand, keunggulan produk Nilfisk ini adalah kemampuan tekanan airnya yang bisa mencapai 100 bar dengan konsumsi listrik yang cukup hemat (900 watt) dimana klaimnya adalah teririt di kelasnya. Harga selama pameran juga cukup atraktif, Rp. 1.3 juta untuk ukuran terkompak (harga normal di luar pameran Rp. 1.7 juta). Oh ya, katanya yang jaga stand juga, produk ini juga tersedia di seluruh cabang Ace Hardware. Paket pembelian sudah termasuk aksesoris yang lengkap, salah satunya adalah 3 macam nozzle untuk keperluan yang berbeda-beda: 1 untuk tekanan yang lebih tajam untuk membersihkan jamur dari misalnya lantai kolam renang, 1 untuk tekanan biasa yang biasa dipakai untuk mencuci mobil/motor, dan 1 lagi adalah nozzle yang dilengkapi soap container, jadi tidak perlu busa dan ember lagi untuk nyabunin permukaan yang hendak dicuci.

RenoConstruct-001 RenoConstruct-002 RenoConstruct-003

Lalu di lobby dalam nampak stand dari GAF nampak mencolok perhatian, sehingga saya menyempatkan diri untuk mampir. GAF ini adalah roofing system dari Amerika, dimana “genteng”nya terbuat dari aspal, yang menjanjikan insulasi yang lebih baik dibanding genteng konvensional. Selain itu sistem perekatannya diklaim tahan angin kencang hingga 122 km/jam. Saya suka warna-warnanya yang natural..

RenoConstruct-004 RenoConstruct-005  RenoConstruct-006

Masih di area yang sama, stand produsen granit dan marmer Emporium nampak mendominasi.

RenoConstruct-007 RenoConstruct-008

Masuk ke area dalam, sekilas di sekitar area pintu masuk nampak didominasi produsen-produsen ubin keramik seperti Platinum, Masterina, dan berbagai produk Italia yang saya baru pertama kali lihat. Nampak stand-standnya cukup jor-joran dalam mendisplay produk-produknya, kebanyakan berupa contoh real-life-applications sehingga para pengunjung bisa melihat gambaran kasar dari hasil pengaplikasian produk-produk mereka.

RenoConstruct-009 RenoConstruct-011 RenoConstruct-012 RenoConstruct-010

Di area tengah nampak diwarnai oleh berbagai produk roofing system (terjemahan: genteng). Merk-merk yang saya kenal seperti M-Class, Roman dll hadir di pameran ini. Kebanyakan mempromosikan produk-produk mereka sebagai “telah mengadopsi double-interlocking system”, entah apa maksudnya. Tapi kalau saya lihat dari apa yang di display, sepertinya artinya adalah kalau genteng-genteng mereka disusun, “pengunci” nya (antara satu genteng dengan lainnya) tidak cuma satu (biasanya di bagian bawah saja), tetapi juga di bagian tepi, memberikan kelekatan yang lebih baik dibanding yang biasa. Correct me if I’m wrong.. Yang menarik perhatian saya di sini adalah genteng sekaligus tempat tanaman, sehingga memberikan kesan “eco-friendly”.

RenoConstruct-020 RenoConstruct-032 RenoConstruct-021 RenoConstruct-034 RenoConstruct-022

Stand Toto, produsen sanitary products, fittings dan perabot dapur ternama, nampak mendominasi area samping Assembly Hall 1. Nampak yang ditampilkan adalah solusi dapur dan kamar mandi menggunakan produk-produk mereka. Replika Jacuzzi yang ditampilkan juga sangat atraktif. Sekilas ngobrol dengan mbak SPG-nya, sekarang website mereka (www.toto.co.id) memberikan informasi yang lebih komprehensif mengenai produk-produk mereka, lengkap dengan price quotation.

RenoConstruct-023 RenoConstruct-024 RenoConstruct-025 RenoConstruct-030 RenoConstruct-031

Lanjut ke Assembly Hall 2, stand yang saya lihat pertama kali adalah stand Kenari Djaja, produsen gembok dan kunci ternama. Nampak berbagai penawaran atraktif dari merk-merk yang dipegang Kenari Djaja seperti Kend dan Cisa ditampilkan di  sini, tentunya dengan promo-promo diskon.

RenoConstruct-035 RenoConstruct-037

Stand-stand solusi flooring juga memperkaya khazanah pameran di area Assembly Hall 2, terutama solusi wood panel flooring, yang salah satunya adalah dari Armany Parquet yang menawarkan harga promo Rp. 100 ribu / m2 selama pameran. Flooring dari karpet pun juga nampak agresif menawarkan potongan harga.

RenoConstruct-042 RenoConstruct-039 RenoConstruct-040 RenoConstruct-041

High-pressure washer dari Karcher nampak juga ambil bagian di pameran ini, dengan diskon selama pameran yang cukup atraktif. Sepertinya bersaing head-to-head dengan Nilfisk di depan nih, hehehe..

RenoConstruct-043 RenoConstruct-045 RenoConstruct-046

Stand peraga dari Holcim (produsen semen) nampak atraktif, terutama replika mobil “molen” nya itu lho.. (catatan: mobil “molen” maksudnya mobil hot-mix yang bentuknya kayak keong itu lho, yang biasa dipakai untuk membawa adukan semen buat proyek). Mbak SPG nya mengatakan selama pameran ada konsultasi gratis desain rumah impian anda, dan konsultannya lengkap: arsitek, insinyur teknik sipil, dan pemborong.

RenoConstruct-047 RenoConstruct-048 RenoConstruct-050

Selain Holcim, produsen semen Mortar Utama juga ada di pameran ini. Kalau tidak salah nguping dari pertanyaan salah satu pengunjung, potongan harga 1 sak nya selama pameran bisa mencapai 30 persen. Nanti kalau anda ke sana, tolong konfirmasi lagi ya, hehehe..

RenoConstruct-015 RenoConstruct-016 RenoConstruct-017 RenoConstruct-051

Stand majalah dan buku-buku desain nampak ramai dikunjungi para pengunjung. Kalau anda berminat melengkapi koleksi buku-buku arsitektur dan desain anda, jangan sampai kelewatan stand yang satu ini.

RenoConstruct-054 RenoConstruct-055

Stand Enviro, pemanas air bertenaga matahari, punya tagline “Affordable High-Quality Solar Water Heater”, hingga membuat saya mampir sebentar buat tanya-tanya. Dari bincang-bincang dengan penjaga stand, harganya Rp. 15 juta untuk yang kapasitas 130 liter (plus 1 kaca kolektor). Dan ini bikinan dalam negeri lho! Teknologi yang digunakan juga lumayan canggih: tangki besi ringan berlapis titanium, water spreader, aluminium black panel berlapis polymer di kaca kolektornya, dll.

RenoConstruct-058

Oh ya, buat anda yang mau mempercantik interior dengan lampu hias dan ornamen-ornamen lainnya, ada stand yang siap melayani anda.

RenoConstruct-056 RenoConstruct-057

Lalu ketika mau memotret-motret salah satu stand solusi insulasi di akhir kunjungan saya kali ini, mas-mas penjaga standnya langsung menghampiri saya dengan ramah dan menjelaskan produk yang ditawarkan di stand ini, yaitu solusi insulasi thermal dan akustik “Cool or Cosy” dari Australia. Inovasi dari produk ini adalah penggunaan serat selulosa dari daur ulang kertas koran sebagai material dasarnya, sangat “eco-friendly” sekali. Dijelaskan juga oleh mas penjaga stand, bahwa sekarang di Indonesia sudah ada pabriknya sendiri, sehingga ketersediaan barang cukup terjamin. Proyek-proyek yang menggunakan produk ini juga lumayan high-profile: Sentul International Convention Center, Balai Sarbini, Gandaria City, pokoknya banyak deh. Kelebihan produk ini adalah selain ramah lingkungan (tidak mengandung unsur karsinogen / pencetus kanker seperti asbestos”), juga lebih ringan, kemampuan insulasi akustik dan termal yang lebih baik, dan pengaplikasiannya menggunakan sistem direct-spray, menjamin tidak ada celah dalam lapisan insulasi. Sebagai tambahan info: menurut riset di Australia, celah di lapisan insulasi sebanyak 1% dari seluruh permukaan bisa menurunkan efektifitas insulasi sebesar 15%. Saya tanya sama mas-mas nya “kalau di spray, berarti musti nunggu kering dong? Keringnya berapa hari biasanya?”. Dijawab sama mas-mas nya, “cepet kok pak, kira-kira 3 hari aja”. Inovatif dan praktis sekali menurut saya..

RenoConstruct-053

Akhir kata:  pameran ini memeragakan berbagai produk dan inovasi terbaru terkait konstruksi dan arsitektural seperti flooring, atap, piping, insulasi, dll. Bila anda adalah pemain aktif di bidang-bidang ini, pameran ini tentunya sangat sayang buat di lewatkan. Juga buat anda yang berencana membangun / merenovasi rumah..

 

– Jakarta, 21 April 2012 –

Catatan tambahan: diluar dugaan, pameran ini SPG nya banyak yang cantik-cantik dan seksi-seksi lho, hehehe Open-mouthed smile

 

RenoConstruct-013 RenoConstruct-044 RenoConstruct-059 RenoConstruct-060

Advertisements

Masukan anda sangat berarti:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s