Otobursa Tumplek Blek! 12-13 Mei 2012

Salah satu ajang otomotif terbesar tiap tahunnya, yaitu “Otobursa Tumplek Blek”, kembali di gelar di Jakarta. Tepatnya di area Parkir Timur Senayan. Di event ini anda bisa menemukan berbagai pernak-pernik otomotif (baik untuk mobil maupun motor). Juga terdapat berbagai acara menarik seperti show mobil-mobil bigfoot menggilas mobil, sexy dance, live show performance dari berbagai band, dll.

Baik, saya mulai cerita kunjungan saya.. Tadi sengaja saya datang pagi, sekitar jam setengah 10-an sudah di lokasi. Hal ini karena mengambil pelajaran dari penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, dimana pengunjungnya membludak, sampai-sampai musti berjibaku buat sekedar mencari slot parkir. Tentunya keadaan ini dimanfaatkan oleh para “juru parkir ilegal” yang menggunakan event seperti ini untuk mengeruk keuntungan sebanyak-banyaknya. Bahkan terang-terangan mengutip uang parkir tambahan di luar tarif resmi. Ah, sudahlah…

HTM event ini Rp. 25 ribu / orang. Sambil menunggu gate masuk dibuka, mata saya sempat tertarik ke sebuah VW warna merah jambu yang memasang plakat “dijual” di kaca depannya. Harga yang ditawarkan Rp. 27.5 juta. Saya lupa keluaran tahun berapa dan lupa menanyakan sama yang punya, mohon maaf Smile with tongue out

Gate masuk dibuka sekitar jam 10. Dari pintu masuk, di sebelah kanan nampak panggung untuk pertunjukan live performance, dan juga stand tabloid Otomotif. Oh ya, sekedar menambahkan, event ini tiap tahunnya diselenggarakan oleh tabloid Otomotif. Mengitari area ini sebentar, dan menemukan sebuah Toyota Avanza dan Honda CBR-250 di beri plang “Best Car and Bike of The Year 2012”. Hmm.. apa ini pertanda saya harus ganti motor ke CBR-250? Hehehehe…

Car & Bike of The Year 2012IMG_2071

Di sebelah kiri pintu masuk, stand Honda (yang mobil yah) dan stand Toyota nampak berdiri megah, dan seakan-akan bersaing dalam megah-megahan. Stand Honda menawarkan VIP lounge bagi pemilik Honda, lengkap dengan kafetaria, musholla eksklusif, dll sebagainya. Sedangkan di stand Toyota nampak menawarkan berbagai atraksi, salah satunya mesin game “3-point basket shoot” yang mirip di stand-stand pasar malam. Lupa bertanya apa hadiahnya kalau berhasil menang..

Di antara stand Toyota dan stand Toyota, nampak stand kontes modifikasi skubek. Salah satu desain terbaik adalah konsep skubek emergency rescue, agak sedikit ironis mengingat tragedi jatuhnya pesawat Sukhoi baru saja terjadi hari-hari kemarin..

Skutik ConteztJuara 1 Skubek Kontezt

Stand majalah CAR menawarkan sensasi test-drive. Mobil-mobil yang ditawarkan untuk di test-drive meliputi Ford Fiesta, Smart Four-Two, KIA Rio, dll.

Test Drive CAR-1Test Drive CAR-2

Stand Astra Honda Motor masih menampilkan tema “Safety Riding Campaign”. Tentunya dengan primadonanya adalah Training Simulator yang harus diakui sangat canggih untuk mensimulasikan kondisi jalan raya aktual. Nampak peminatnya cukup banyak di stand ini. Disini juga menampilkan unit CBR-250 replika Repsol-Honda dan warna merah-biru-putih.

AHM Safety-1AHM Safety-2CBR250 RepsolCBR250 BlueWhite

Masuk ke gerbang utama lokasi pameran, gapura dengan tagline “Menenggang Rasa di Jalan, Menuai Asa di Masa Depan” nampak mencolok perhatian. Mungkin untuk membangun kesadaran “seng waras ngalah” bagi para pengguna jalan Smile with tongue out

Pintu Depan

Dari kubu Kawasaki, menampilkan ER-6n dan ZX-10 sebagai magnet pengunjung. Dan oh ya, wet t-shirt photography contest dengan model-model sexy. Sayang mulainya agak siangan, sekitar jam 1-an >.<

ZX-10ER-6nWet Contest

Stand-stand helm motor nampak meramaikan arena plaza Parkir Timur Senayan. Salah satu helm yang saya incar adalah INK MH-1, helm yang bisa bermetamorfosis dari half-face menjadi full-face dan sebaliknya. Tapi beda dengan helm modular (yang bagian chin-guard nya bisa dilipat ke atas), helm ini sistemnya  knock-down, jadi bagian chin-guard bisa dilepas sama sekali, sehingga menjadikan helm ini layaknya helm half-face umumnya. Dilengkapi dengan double-visor dan anti-theft system (ada lubang untuk menyambungkan ke rantai pengaman), helm baru ini dibanderol Rp. 400 rb selama pameran (harga normal Rp. 450 rb).

INK MH-1

Helm ZEUS juga menampilkan berbagai model helm yang cocok untuk anak skutik atau anak Vespa.

Helm ZEUS

Salah satu daya tarik event “Otobursa” ini adalah adanya lapak-lapak jualan layaknya lapak kaki lima. Di sini anda bisa menemukan berbagai komponen dan pernak-pernik lainnya seperti tas, jaket, dll. Kebanyakan adalah komponen-komponen bekas yang masih diburu di kalangan peminat otomotif hard-core. Sebut saja misalnya komponen motor jadul macam CB100, setir mobil BMW dan Mercy keluaran lama, headlamp bekas, dll. Beberapa lapak bahkan menjual motor antik bin unik, satu unit full. Nampak ada CB-100, DAX, Monkey, dll.

Lapak1Lapak2Lapak3Lapak5Lapak6Honda DAXCB100 Dijual

Di lapak Honda antik, saya naksir sama emblem Honda jaman dahulu kala..

Lapak4

Stand mainan model pun juga banyak dihampiri para pengunjung..

Toys

Stand MotoBatt membuat saya mampir sebentar. Di sini ditawarkan aki dengan teknologi gel, selangkah lebih maju daripada aki maintenance-free umumnya yang masih berbasis cairan. Untuk yang buat motor Tiger saya (7 A), di banderol Rp. 198 ribu selama pameran.

MotoBatt

Jangan khawatir kelaparan di event ini, tersedia food court yang lengkap dengan berbagai pilihan makanan. Tadi sih saya makannya kebab Baba Raffi, ternyata enak juga (baru tahu) Smile with tongue out

Food Court

Stand spesialis motor besar ProBike nampak menghadirkan MV Augusta dan Kawasaki ZX-10 sebagai primadona utamanya. Tersedia juga Yamaha R6, Kawasaki D-Tracker, dan berbagai moge (motor gede) lainnya.

ProBikeMV Augusta

Modifikator motor besar juga turut serta di event ini. Ada 2 yang saya lihat, yaitu BikersStation dan Studio Motor. Yang Studio Motor ternyata dekat rumah saya, di jalan Kesehatan, Bintaro, sebelum Holland Bakery. Tapi kok tidak nampak kehadiran stand Kick-Ass Chopper ya tahun ini? Tahun lalu sih ada..

StudioMotor-1StudioMotor-2StudioMotor-3BikerStation-1BikerStation-2

Melangkah keluar dari area Plaza, di lapangan dekat area Musholla, nampak persiapan untuk atraksi gilas mobil sedang disiapkan.

Gilas1Gilas2

Dan tentunya dunia otomotif tidak lepas dari kehadiran wanita-wanita cantik yang memberikan warna tersendiri di event-event sejenis ini..

Cewek-1Cewek-2Cewek-3Cewek-4

Puas keliling-keliling, akhirnya saya menutup kunjungan saya kali ini sekitar jam 11.30. Nampak di pintu keluar, arus para pengunjung yang baru datang semakin deras. Katanya sih makin sore makin seru acara-acaranya. Silahkan anda cek sendiri lah..

Penutup: bagi peminat otomotif, tentunya anda tidak akan melewatkan event akbar tahunan ini bukan?

Tips: kalau anda berniat kemari, jangan lupa bawa payung. Sangat berguna ketika cuaca sangat terik (seperti tadi) atau ketika tiba-tiba hujan..

– Jakarta, 12 Mei 2012 –

Advertisements

One thought on “Otobursa Tumplek Blek! 12-13 Mei 2012

Masukan anda sangat berarti:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s