Indonesia Banking Expo, 27 Juni-1 Juli 2012

banner

Sebagai seseorang yang bekerja di industri perbankan, adanya pameran ini menggelitik minat saya untuk melihat-lihat isinya. Berikut laporan singkatnya..

Nuansa perbankan mulai terasa dengan adanya unit-unit mobile banking di area lobby luar  Assembly Hall. Lumayan buat anda yang kemarin-kemarin belum sempat nge-print buku tabungan Open-mouthed smile

mobile banking unit

Masuk ke pameran dikenakan HTM Rp. 10 ribu. Setelah melalui security check, sebuah gapura yang di endorse oleh Bank Indonesia (BI) dan PERBANAS (Perhimpunan Bank-Bank Umum Nasional) tampak megah menghiasi area lobby dalam.

Gerbang Hall A

Berbagai stand dari bank-bank terkemuka nampak mendominasi area pameran, termasuk di dalamnya bank-bank syariah. Rata-rata menawarkan produk-produk dana dan pinjaman unggulan bank masing-masing. Bagi yang membuka rekening atau mengambil produk layanan lainnya di tempat akan mendapatkan berbagai goodie bag menarik.

BCABNIBSMBukopinMandiri

Stand dari LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) pun juga turut serta di pameran ini.

LPS

Selain dari bank, stand-stand dari para industri binaan bank pun juga ikut memeriahkan pameran ini. Kebanyakan dari industri-industri kreatif, sesuai dengan sub-tema pameran ini yaitu “Peran Perbankan dalam Pemberdayaan Industri Kreatif dan Keuangan Inklusif”. Saya sempat mencicipi kering ikan teri dari stand binaan BTPN, enak lho! Open-mouthed smile

BTPNBinaan BTPN

Seiring dengan ramainya dunia persepak-bolaan, produk binaan yang menjual berbagai jersey tim-tim kesayangan pun tersedia di pameran ini.

Jualan Kaos Bola

Oh ya, bicara soal industri kreatif, di dalam pameran perbankan ini juga ada sub-pameran yang “membonceng” bertajuk “Popcorn 2012: Pavillun Khusus Industri Animasi, Mainan dan Komik”. Sehingga jamak di dalam pameran kali ini juga ada stand-stand yang berjualan hal-hal tersebut.

popcorn

Salah satunya adalah stand di bawah ini, yang menjual berbagai model Gundam dengan harga diskon yang sangaaaaat atraktif. Andaikan saya tidak ingat kewajiban-kewajiban finansial bulan depan.. Smile with tongue out

Gundam Diskon

Stand Kinokuniya, toko buku besar dari Jepang, juga buka stand di sini, dengan dagangan utamanya adalah koleksi berbagai bundel komik-komik amerika berharga miring.

Diskonan Kinokuniya

Kemudian stand mini action figure, dimana yang menarik perhatian saya adalah maket X-Wing dan Luke Skywalker mini, secara saya termasuk Star Wars “fan boy” Open-mouthed smile

Mini Luke

Salah satu stand bahkan menyediakan video game machine, Street Fighter kalau tidak salah..

Main Video Game

Lalu yang menyita waktu saya cukup banyak di sini adalah stand Hanvon, produk tablet grafis untuk PC buatan Taiwan. Penjaga stand bernama mas Budi dengan ramah menjelaskan berbagai keunggulan produk ini, terutama dari segi fitur dan harga. Bagi anda yang berminat (terutama anda-anda yang berkecimpung di dunia desain grafis), outlet distribusinya ada di Mall Ambassador, Mall Pacific Place, dan di Mangga Dua. Saya mencoba sebentar, dan boleh diakui produk ini enak untuk digunakan, dan sensitifitasnya tidak kalah dengan produk sejenis yang sudah punya nama seperti Wacom atau Genius.

Hanvon 1Hanvon 2Hanvon 3

Kemudian bau harum dari stand penjaja Dorayaki (kue bolu khas Jepang) “memaksa” saya untuk menghampiri. Alih-alih beli dorayaki, saya malah beli kue sus yang dijual Rp. 10 rb / bungkus isi 8 potong Open-mouthed smile

Dorayaki 1Dorayaki 2

Stand dorayaki yang disebutkan di atas mengakhiri kunjungan saya kali ini. Ketika pulang saya berpapasan dengan kampanye salah satu pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur bernomor urut 3..

Jokowi 1Jokowi 2

Penutup: tema “keuangan inklusif” sangat menarik untuk ditindak lanjuti, karena sudah saatnya semua lapisan masyarakat punya akses ke jasa-jasa perbankan.

 

– Jakarta, 02 Juli 2012 –

Advertisements

Masukan anda sangat berarti:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s