Indonesia International Motor Show, 20-30 September 2012

Salah satu gelaran otomotif terbesar tahunan yang ditunggu tiap tahunnya (selain “Otobursa Tumplek Blek” dan “Jakarta Motor Show”), IIMS, kembali digelar pada akhir September ini. Berlokasi di Jakarta International Expo Kemayoran (atau dikenal sebagai arena Pekan Raya Jakarta), para ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merk) dan IU (Importir Umum) kembali menawarkan produk-produk otomotif (mobil khususnya) terbaru dan tercanggih. Bila anda berminat untuk membeli mobil baru, ataukah anda seorang pengamat mobil-mobil terbaru (dan teknologi pendukungnya), atau sekedar ingin cuci mata saja melihat para sales girls yang cantik-cantik, silahkan datang ke pameran ini..

Ticket Box

Sejak pagi jam 09.00, sudah terlihat antrian pengunjung mulai mengular di loket karcis (padahal loket baru buka jam 10.00), menandakan animo yang tinggi dari para pengunjung. Sebagai informasi, HTM untuk hari Senin-Kamis sebesar Rp. 20 ribu, Jumat-Minggu Rp. 30 ribu. Anak-anak dibawah 4 tahun dan lansia diatas 70 tahun gratis.

Shuttle Bus Schedule

Akses menuju pameran ini pun semakin dipermudah dengan keberadaan shuttle bus dari pusat-pusat perbelanjaan ternama.

Gerbang Masuk - Gajah TunggalGajah Tunggal - Stand

Gerbang masuk ke area pameran dihiasi gapura persembahan dari Gajah Tunggal, produsen ban ternama dalam negeri. Di sebelah gapura tersebut terdapat standnya. Oh ya, tidak hanya ban mobil, Gajah Tunggal di pameran ini pun mengusung serta ban sepeda motor dibawah label Eneos.

Hino - 700Hino - FL260Mercedez - Truck

Arena outdoor pameran diwarnai dengan showcase berbagai kendaraan niaga seperti bus, mobil semen, truk, dan kendaraan angkut berat lainnya. Produk-produk dari Hino dan Mercedes nampak mendominasi arena outdoor bagian depan. Sedangkan produsen kendaraan berat dari India dan Cina menempati area dekat foodhall.

Acara HardRock FMSubaru - Test Drive

Di area outdoor juga terdapat test drive range dari Subaru, yang juga di co-sponsored oleh sebuah stasiun radio ternama.

Gokart UGM

Di lobby depan Hall C terdapat mobil gokart rakitan Universitas Gajah Mada.

Audi - StandAudi - A8BMW - StandBMW - X3Dodge - Journey 1Dodge - Journey 2Mercedez - StandMercedez - ML350Mercedez - Smart

Hall B ditempati oleh merk mobil-mobil Eropa seperti Mercedes-Benz, Audi, BMW, dan Dodge. Dodge Journey nampak menyedot perhatian banyak pengunjung, mungkin karena kelas MPV (Multi-Purpose Vehicle) adalah salah satu yang diminati oleh konsumen Indonesia.

Mercedez - Stand SepedaMercedez - MTB 40 JutaMercedez - Road Bike 17500 Juta

Mercedes-Benz pun juga menawarkan sepeda di pameran ini. Sepeda? Betul sepeda, anda tidak salah baca kok. Karena buatan Mercedes-Benz, harga yang ditawarkan pun cukup “premium”. Yang tipe road-bike dibanderol Rp. 17.5 juta (normal Rp. 20 juta), sedangkan yang tipe MTB sekitar Rp. 30-40 juta (tergantung spek).

Chevrolet - Spin 1Chevrolet - Spin 2Chevrolet - Spin 3Chevrolet - TrailBlazer 1Chevrolet - TrailBlazer 2Peugeot - 3008Peugeot - RCZTata - StandTata - Nano 1Tata - Nano 2Tata - Nano 3VW - Touran

Sedangkan di Hall C anda bisa menemukan merk-merk seperti Peugeot, Chevrolet, Volkswagen, dan bahkan produsen mobil Tata dari India. Saya melihat bahwa pengunjung nampak tertarik sekali dengan keberadaan Tata Nano yang digadang sebagai mobil termurah sedunia. Sedangkan seri Spin dan Trailblazer dari Chevrolet nampak diminati juga oleh para pengunjung yang berminat dengan kendaraan MPV dan SUV (Sport Utility Vehicle).

Tata - VentureTata - PrimaTata - Nano CNG

Selain Nano, Tata pun membuat kendaraan angkut besar seperti minivan dan truk dibawah seri Venture dan Prima. Oh ya, Nano pun juga ada versi yang menggunakan CNG (Compressed Natural Gas), sebagai salah satu tawaran hemat energi dan ramah lingkungan dari Tata (sesuai tema pameran tahun ini yang bertajuk “Eco-Mobility”).

Ivan Motor - StandIvan Motor - FerrariIvan Motor - Lamborghini

Lalu di semi-permanent Hall A1, A2 dan B, terdapat berbagai stand lepas alias aneka rupa. Salah satunya adalah stand IU “Ivan Motor” yang sudah cukup terkenal di kalangan para penggemar mobil-mobil built-up. Di pameran kali ini yang dipajang adalah Lamborghini dan Ferrari yang saya tidak tahu tipenya apa.

Ink - StandInk - Mirage

Stand helm motor INK juga bisa ditemukan di hall ini. Saya naksir berat dengan INK Mirage seharga Rp. 1,2 juta yang modelnya paruh elang ini.

Hankook - StandHankook - Ban Non Pneumatic 1Hankook - Ban Non Pneumatic 2H;ankook - Goodie Bag

Di stand ban mobil Hankook, saya menemukan sesuatu yang menarik: ban non-pneumatic (tanpa angin), sehingga bisa dikatakan anti-bocor dan anti-kempes. Dengan struktur seperti jaring laba-laba, kekuatan dan kenyamanannya diklaim setara dengan ban pneumatic umumnya. Di stand ini saya juga dikasih goodie bag yang guueeeedeee buaaanggeettt, sangat membantu buat mengumpulkan brosur.

Usaha Car WashHofmann - Mesin Spooring

Masih di area yang sama, berbagai penawaran bisnis terkait otomotif juga bisa anda temukan. Semisal bila anda ingin buka bisnis cuci mobil, salah satu stand menyediakan jasa teknis dan peralatannya. Atau mau buka usaha spooring dan balancing? Anda bisa temukan stand yang menjual mesin spooring Hoffman di area ini.

Velg

Aneka velg untuk mempercantik tampilan mobil anda pun ada.

Jackie - StandJackie - Skuter

Di salah satu stand berjudul “Mr. Jackie”, saya menemukan kendaraan skuter listrik yang sangat menarik. Penjualnya menerangkan sebagai berikut: kapasitas baterai cukup untuk 3 jam perjalanan, kecepatan tempuh 30 km/jam, bisa mengangkat beban orang dewasa sampai 120 kg, dan bobot kendaraan ini sekitar 20 kg. Harganya pun cukup menarik, normal Rp. 4 juta, selama pameran diskon 15%.

Astra Otoparts - Stand

Bila anda ingin cari aki atau komponen lain, stand Astra Otoparts layak dikunjungi.

Mobil-Mobilan

Atau mau melengkapi koleksi model mainan anda? Ada yang jual mobil-mobil model di area ini.

Lalu untuk mobil-mobil Jepang dan mobil-mobil lainnya dimana dong? Tenang, karena pabrikan Jepang dan mainstream menempati dua hall A dan B sekaligus. Toyota, Mitsubishi, Honda, Nissan, Mazda, Daihatsu, Suzuki, Ford, KIA dan pabrikan Geely dari Cina ada di area ini. Kita mulai dari Toyota..

Toyota - StandToyota - 86Toyota - Avanza VelozToyota - Prius

Di stand Toyota, “magnet” yang menarik perhatian saya pertama kali adalah Toyota 86, generasi penerus yang melanjutkan legenda Toyota AE 86 yang biasa anda lihat di anime “Initial D” (kalau anda seorang otaku anime seperti saya Open-mouthed smile ). Lalu model mainstream seperti Avanza, Fortuner, Rush dan lainnya juga nampak di sini. Untuk konsep model ramah lingkungan, masih mengandalkan model Prius dengan teknologi yang makin disempurnakan.

Honda - StandHonda - BrioHonda - Civic 2Honda - CivicHonda - OdysseyHonda - Odyssey 2Honda - Video GameHonda - Video Game 2

Lalu di stand Honda, Civic oranye modifikasi Mugen adalah yang pertama kali menarik perhatian. Dilanjutkan dengan ketersediaan mesin video game simulator balap yang menggunakan mobil-mobil Honda. Untuk segmen MPV, seri Odyssey nampak dikerumuni para calon pembeli potensial. Disusul dengan sedan kompak Brio.

Mitsubishi - StandMitsubishi - Outlander SportMitsubishi - Mirage

Di stand Mitsubishi, primadonanya adalah Outlander Sport dan Mirage yang baru saja dirilis kurang lebih sebulan yang lalu.

Infiniti - Red Bull Vettel

Replika mobil F1 tim Red Bull yang diboyong stand Infiniti nampak dikerumuni para pengunjung yang ingin foto bareng.

Subaru - BRZ 1Subaru - BRZ 2

Maket transparan konfigurasi mesin boxer dari Subaru BRZ juga menjadi magnet perhatian para pengunjung.

Nissan - EvaliaNissan - GTRNissan - Leaf 1Nissan - Leaf 2Nissan - Leaf 3

Nissan Evalia nampak menjadi sasaran calon pembeli yang menginginkan MPV berkapasitas maksimal. Sebuah Nissan GTR menjadi ikon yang menarik buat background foto para pengunjung di stand Nissan ini. Sedangkan untuk konsep mobil ramah lingkungan, Nissan mengandalkan konsep mobil listrik LEAF. Nampak disini disertakan juga prototipe stasiun pengisian ulangnya.

Geely - StandGeely - TX4 1Geely - TX4 2KIA - Sorento

Dari segmen manufaktur non-Jepang, Geely dan KIA adalah yang menarik perhatian saya. Kenapa? Dari stand Geely, mata saya terpaku pada model TX4 yang mirip-mirip tipis dengan Bentley klasik, terutama di bagian front grill nya. Sedangkan SUV Sorento dari KIA adalah SUV berfitur komplit dengan harga yang cukup atraktif, setidaknya bila dibanding dengan model-model dari manufaktur Jepang dan Eropa..

Suzuki - StandSuzuki - Swift Sport

Stand Suzuki, saya tadi tidak melihat sesuatu yang baru. Model yang ditawarkan masih berkisar antara Swift, Vitara, dan yang terbaru Ertiga. Swift kuning sedikit membangkitkan kenangan kalau dulu saya pernah jadi parkir valet pribadi seseorang, cuma bedanya dia memakai Swift warna merah, hehehe Open-mouthed smile

Mazda - StandMazda - 2Mazda - BianteMazda - CX5

“Zoom…zoom..vroom..vroom..”, saya menjejakkan kaki di stand Mazda rupanya. Mazda 2 yang kompak dan sporty cocok untuk anda yang berjiwa muda dan mendambakan mobil berperforma semi-sport. Model Biante adalah MPV mainstream, yang bentuknya mengingatkan saya pada Honda Freed. Sedangkan CX-5 adalah SUV bagi anda yang berjiwa petualang. Bentuk grill depannya agak mirip dengan Mitsubishi Outlander Sport, pesaing langsung kah?

Daihatsu - UFC 1Daihatsu - UFC 2Daihatsu - UFC 3Daihatsu - DRDaihatsu - Sirion

Kejutan terbesar buat saya di pameran ini malah datang dari Daihatsu. Model konsep UFC (konon desainernya adalah orang Indonesia lho!) benar-benar fresh. Kapasitasnya lega seperti MPV, tapi tampilannya sporty seperti SUV, ditambah dengan interior yang simpel tapi futuristik, keren pokoknya. Sedangkan DR adalah konsep mini-coupe 2 penumpang yang bisa menggerogoti pangsa pasar Mini Cooper. Model mainstream seperti Sirion juga nampak laris dikunjungi para calon pembeli di stand Daihatsu ini.

 

Meninggalkan pameran ini untuk kembali ke rumah, saya baru menyadari sesuatu: kok tadi tidak melihat mobil SMK karya siswa-siswa Solo yang beberapa bulan lalu sempat bikin heboh, atau mobil listrik produksi dalam negeri yang dipromosikan pak Dahlan Iskan beberapa waktu yang lalu ya? Kalau anda melihatnya, tolong kabari saya ya..

 

– Jakarta, 22 September 2012 –

Masukan anda sangat berarti:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s