Wirausaha Mandiri Expo 2013, 17- 20 Januari 2013

Wirausaha Mandiri Expo-38

Selamat berjumpa kembali para pembaca sekalian. Pertama-tama, saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada para pembaca yang di tahun 2012 lalu sudi meluangkan waktu untuk berkunjung ke blog saya yang sederhana ini. Harapan saya, semoga kemampuan saya untuk menulis dan membuat ulasan bisa lebih baik lagi di 2013 ini demi kepuasan para pembaca sekalian, dan semoga juga di 2013 ini semakin banyak pameran-pameran yang bisa menambah khazanah pengetahuan kita. Amiin..

Mengawali liputan saya di tahun 2013, saya ingin melaporkan mengenai pameran kewirausahaan yang diselenggarakan minggu ini di Jakarta Convention Center Senayan, yaitu “Wirausaha Mandiri Expo 2013” (“WME”). Seperti judulnya, pameran ini adalah pameran yang menampilkan bisnis dan produk para wirausahawan muda yang dibina oleh Bank Mandiri, bank nasional terbesar di Indonesia.

Sedikit bercerita (karena latar belakang saya yang bergerak di perbankan juga), Bank Indonesia (BI) selaku bank sentral Indonesia, sangat menekankan perbankan nasional agar lebih berpartisipasi aktif dalam mengembangkan usaha kecil dan menengah (small and medium enterprise, SME). Sehingga diharapkan peran perbankan sebagai mediasi (penampung dana dari masyarakat dan penyedia dana bagi dunia usaha) bisa lebih efektif, dan mendorong pertumbuhan sektor riil yang ujung-ujungnya memajukan perekonomian Indonesia. Berbagai kebijakan yang muncul dari BI semisal: transparansi suku bunga pinjaman prima / prime lending rate, keharusan bank untuk mencantumkan besarnya rencana peyalurkan kredit bagi SME dalam rencana bisnis bank (RBB), pemangkasan suku bunga SBI dan lain-lain, mau tidak mau membuat perbankan harus lebih giat terjun dalam pembinaan dan pengembangan SME di Indonesia.

Dengan melihat pameran WME ini, sangat menyenangkan melihat bahwa pelaku SME pun sekarang bisa mempunyai akses ke permodalan dengan biaya yang bersaing, sehingga wirausahawan-wirausahawan muda di negeri ini bisa tumbuh subur bak cendawan di musim hujan (maklum, bulan Januari ini bisa dibilang puncaknya musim hujan, hehehe Open-mouthed smile ).

Baik, kembali ke topik: sayangnya, waktunya penyelenggaraan pameran ini sedikit kurang diuntungkan, karena pada minggu yang bersamaan bencana banjir sedang melanda Jakarta. Namun Alhamdulillah, ketika hari ini saya berkunjung, cuaca sedang cerah. Semoga bisa bertahan hingga esok hari terakhir pameran..

Masuk ke pameran ini tidak dikenakan biaya masuk. Lokasi pameran terletak di Assembly Hall 1 dan 2 (termasuk area lobby nya). Pada timing yang bersamaan, minggu ini juga sedang ada pameran “Trend Furniture” di Exhibition Hall sebelah, dan juga pameran pendidikan Jepang di area basement Cendrawasih.

Wirausaha Mandiri Expo-01Wirausaha Mandiri Expo-35

Beberapa stand di area lobby yang bisa saya laporkan adalah:

1. Stand “Balu Otowork”, penyedia jasa modifikasi otomotif yang berlokasi di Yogyakarta. Salah satu karya modifikasinya bisa dilihat di gambar berikut.

Wirausaha Mandiri Expo-02

2. “Kripik Wak J’Ber”, kripik pedas dari Pontianak. Menu khasnya adalah: kripik pedas jengkol. Jengkol? Betul pembaca, kripik jengkol. Sebungkus dijual Rp. 10 ribu saja.

Wirausaha Mandiri Expo-04

3. “Telor Asin Kilau”, telor asin dari Karawang. Sebungkus isi 6 butir seharga Rp. 20 ribu.

Wirausaha Mandiri Expo-09

4. “VionSeal”, inovasi bidang otomotif yang menawarkan cairan penambal ban otomatis, sangat bermanfaat bagi pengendara mobil / motor yang sering melalui jalan rawan ranjau paku. Memecahkan rekor MURI untuk rekor melewati berkilo-kilo jalan berpaku tanpa bocor lho! :0

Wirausaha Mandiri Expo-10Wirausaha Mandiri Expo-11Wirausaha Mandiri Expo-12

5. Jasa penyediaan kostum superhero JToku. Salah satu contoh kostumnya adalah…. ini! Open-mouthed smile (superhero apa ini ya? Swamp Thing?)

Wirausaha Mandiri Expo-36Wirausaha Mandiri Expo-37

Masih banyak lagi berbagai stand dari berbagai jenis industri yang bisa anda lihat di area lobby ini. Tapi… lebih banyak lagi yang bisa anda temukan di dalam Assembly Hall nya. Mari kita mulai masuk..

Wirausaha Mandiri Expo-13Wirausaha Mandiri Expo-34

Di dalam Assembly Hall, mata saya langsung tertumbuk pada stand-stand penyedia jasa boga (maklum, hobi saya makan Open-mouthed smile ). Bila anda seorang pencinta kuliner, boleh dibilang ke pameran ini bisa jadi perburuan harta karun bagi anda.

Semisal stand “Suoklat” dari Surabaya ini. Berbagai jenis produk coklat dijajakan disini, dengan rentang harga antara Rp. 6 ribu hingga Rp. 22 ribu.

Wirausaha Mandiri Expo-14Wirausaha Mandiri Expo-15

Atau mungkin stand rendang instan “Randang Padang Restu Mande” ini, rendang praktis yang bisa langsung dimakan, ataupun dipanaskan terlebih dahulu. Bincang-bincang dengan penjaga standnya, yang rendang sapi satu kotak Rp. 65 ribu, yang rendang ayam Rp. 50 ribu. Masing-masing punya pilihan rasa original atau spicy. Sedikit wawancara, yang rendang sapi bisa tahan sampai 1 tahun, yang ayam 6 bulan. Cicip rasanya, wuih, maknyus kalau kata pak Bondan Winarno Open-mouthed smile

Wirausaha Mandiri Expo-21Wirausaha Mandiri Expo-22

Buat yang mau makan-makan di sini pun difasilitasi dengan disediakannya meja dan kursi layaknya food court. Pokoknya bisa makan-makan puas deh! Open-mouthed smile

Wirausaha Mandiri Expo-16

Coffee Toffee sebagai kewirausahaan kopi nasional pun juga turut serta di pameran ini.

Wirausaha Mandiri Expo-17

Pernah dengar brownies singkong dari Yogya? Atau Batagor Jepang? Silahkan mampir di stand mereka, lumayan tidak usah keluar kota untuk cari oleh-oleh khas dari luar kota, hehehe Open-mouthed smile

Wirausaha Mandiri Expo-18Wirausaha Mandiri Expo-19Wirausaha Mandiri Expo-20

Tentunya wirausaha tidak mentok di bidang jasa boga saja. Ada juga produk dan bisnis dari bidang industri lain seperti industri sandang dan tekstil, teknologi ramah lingkungan, agrobisnis, industri kreatif, dan lain-lain yang bisa anda temukan di WME ini.

Wirausaha Mandiri Expo-03Wirausaha Mandiri Expo-26

Dari agrobisnis misalnya, penawaran bisnis budi daya lele sangkuriang “SylvaFarm” cocok bagi anda yang mau bermitra dan berinvestasi di bidang ini (atau mungkin bagi anda yang hobi makan pecel lele Open-mouthed smile ). Di standnya anda bisa lihat lele sangkuriang yang besarnya minta ampun, serta bibit dan anakan lele.

Wirausaha Mandiri Expo-23Wirausaha Mandiri Expo-24Wirausaha Mandiri Expo-25

Di bidang teknologi, berbagai tawaran kompor ramah lingkungan bisa anda lihat juga, salah satunya kompor biji karet ini. Kalau tidak salah, teman saya ada lho yang berinovasi dengan kompor nabati, kok tidak ikutan pameran ini ya?

Wirausaha Mandiri Expo-29

Untuk industri kreatif, anda mungkin tertarik untuk mengunjungi stand boneka rumput (itu lho, boneka yang kalau disiram air bisa tumbuh rumput karena ada bibit rumput di dalamnya). Tersedia berbagai model yang lucu-lucu, lumayan buat aksesoris penghijau ruangan kantor mungkin?

Wirausaha Mandiri Expo-27Wirausaha Mandiri Expo-28

Dan bicara industri kreatif, Bank Mandiri juga salah satu sponsor event tahunan “HelloFest” lho. Mungkin karena itulah, tadi di panggung Assembly Hall sedang ada presentasi kick-off untuk event “HelloFest” tahun ini. Kalau dari pengalaman tahun lalu, “HelloFest” biasanya diadakan di Balai Kartini, sekitar bulan Februari. Maaf, saya belum menemukan informasi tanggal pasnya kapan. Di sekitar acara kick-off ini juga terdapat stand-stand yang menjual berbagai pernak-pernik anime, komik dan kartun, seakan-akan sebagai secuil preview dari apa yang bisa anda temukan di “HelloFest” sebenarnya nanti..

Wirausaha Mandiri Expo-33Wirausaha Mandiri Expo-32Wirausaha Mandiri Expo-30Wirausaha Mandiri Expo-31

Dari tiap-tiap stand yang ada di WME ini, mayoritas mencantumkan nama pemilik usaha dan detail kontaknya. Sangat membantu bila anda tertarik untuk bermitra bersama mereka.

Wirausaha Mandiri Expo-08

Demikian yang bisa saya laporkan pada kunjungan kali ini. Sebagai penutup, saya sedikit menyayangkan bahwa kemungkinan kenaikan UMP yang disetujui tahun lalu, dan kenaikan TDL pada awal tahun ini bisa jadi faktor-faktor yang menghambat para wirausahawan untuk mengembangkan atau bahkan memulai bisnisnya. Harapan saya, semoga pemerintah bisa berkomitmen untuk mempermudah dalam hal lainnya, semisal perizinan yang lebih singkat dan mudah, pembebasan pungli, keringanan pajak, dan lain-lain..

– Jakarta, 19 Januari 2013 –

N.B: kalau kata teman saya yang kebetulan seorang wirausahawan perniagaan emas, “tiada kesan tanpa makan-makan”. Makanya, selain laporan ini, yang saya bawa pulang dari pameran WME ini tidak jauh-jauh dari… makanaaaan!  Moga-moga 1 bungkus krupuk jengkol ini tidak membuat saya “kejengkolan” Open-mouthed smile

Wirausaha Mandiri Expo-39

Advertisements

One thought on “Wirausaha Mandiri Expo 2013, 17- 20 Januari 2013

Masukan anda sangat berarti:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s